#stmisii1-Modul HRD-UTS-2B

Penerapan Modul Kerja HRD Dengan Odoo

Selama beberapa dekade terakhir, beberapa perusahaan telah telah meningkatkan tuntutan yang ditempatkan kpd  mereka untuk melacak informasi yang berhubungan dengan karyawan. Odoo memiliki berbagai aplikasi yang dapat membantu perusahaan untuk mengatur informasi ini mengenai karyawan Anda. Beberapa aplikasi ini, seperti timesheets dan catatan kehadiran, dapat menjadi proses penting untuk membantu mengendalikan biaya perusahaan. Dalam bab ini, kita akan melihat bagaimana kita dapat mengintegrasikan aplikasi HRD.

Dalam posting kali ini akan dijelaskan beberapa modul yang disediakan oleh odoo seperti:
  • Modul Employee Directory
  • Modul Timesheets
  • Modul Leaves Management
  • Modul Recruitment Process
  • Modul Employee Appraisals

Menginstal Employee Directory

Ketika Anda menginstal aplikasi dasar Odoo, anda mendapatkan kemampuan untuk mengelola pengguna sistem, tetapi anda akan melihat bahwa tidak ada pilihan menu untuk masuk dan mengelola karyawan atau employee. Untuk mulai bekerja dengan aplikasi HRD, Anda akan perlu menginstal aplikasi direktori basis Karyawan/Employee.
Masuk ke menu Settings dan menginstal aplikasi Directory Karyawan menggunakan proses yang sama seperti aplikasi Odoo sebelumnya.
Setelah Anda menginstal aplikasi Directory Karyawan, Anda akan melihat menu baru di bagian atas, HRD. Mengklik pada menu akan membawa Anda ke daftar karyawan. Tampilan default untuk karyawan di Odoo 8 adalah pandangan Kanban:
Administrator account dilengkapi dengan gambar yang sudah dimuat untuk pengguna.
Jadi pria yang anda lihat dalam gambar diatas adalah bawaan saat instalasi modul odoo.

*Jika Anda telah menambahkan pengguna selain akun Administrator, mereka akan dianggap karyawan dan termasuk dalam daftar. Semua pengguna adalah karyawan, tetapi tidak semua karyawan adalah pengguna.

Membuat karyawan baru

Mengklik tombol Create akan memunculkan form untuk mulai memasukkan karyawan baru ke dalam Odoo:

Satu-satunya bagian yang paling dibutuhkan dalam form karyawan adalah Nama. Bagian yang lainnya adalah opsional. Odoo akan default alamat kerja ke alamat perusahaan, selebihnya adalah data yang pentig seperti bagian:


Public Information

Contact Information

Working address
Digunakan untuk mengisi alamat tempat kerja karyawan, field ini akan otomatis terisi jika setting company sudah diisi sebelumnya

Work Mobile
Untuk mengisi data berupa no handphone karyawan.

Office Location
Diisi dengan alamat kantor

 Pengguna terkait/Related User
Di bagian Informasi kontak/contact information, bagian Related User akan memungkinkan anda untuk mengasosiasikan karyawan dengan akun pengguna yang ada di Odoo. Cukup pilih pengguna dari daftar pop-up dan memilih pengguna yang ingin berhubungan dengan karyawan. Hal ini juga memungkinkan untuk menambahkan pengguna dengan cepat dengan memilih Create ... dari dropdown Pengguna Terkait.

Position

Departemen

Departemen karyawan adalah cara yang umum bagi perusahaan untuk mengatur karyawan. Dalam contoh kita, kita akan membuat departemen produksi.

Pada tampilan ini, kami telah menetapkan bagian Nama Departemen  untuk Produksi danmengatur bagian manajer departemen ini untuk Tina Robbins. Anda juga akan melihat bahwa bagian Departemen Induk/Parent Department memungkinkan Anda untuk membuat struktur hirarkis departemen perusahaan Anda. Biasanya, Anda akan ingin melihat strukturorganisasi perusahaan dan mengambil beberapa waktu dalam penyusunan struktur departemen perusahaan

Job Title
Job Title field memungkinkan Anda untuk mengelola jabatan bagi karyawan dalam Odoo. Isi field ini sesuai dengan jabatan karyawan.
Di screenshot sebelumnya, kami menciptakan sebuah jabatan Manajer Produksi untuk Tina Robbins. Seperti yang dapat Anda lihat dari bentuk ini, jabatan yang terkait dengan departemen. Ini berarti bahwa untuk mengkonfigurasi Odoo dengan benar, anda akan perlu untuk membuat Job Title di departemen. Oleh karena itu, anda tidak ingin hanya nama manajer pekerjaan. Hal ini akan menyulitkan, ketika melihat daftar judul pekerjaan, untuk mengetahui yang terkait dengan  manajer departemen.

Manager and Coach
Manager dan coach bagian di layar karyawan dapat digunakan untuk menentukan setiap karyawan lain yang sudah ada di Odoo. Manajer sering disebut supervisor di beberapa perusahaan dan mungkin terlibat dalam menyetujui timesheets karyawan, meninggalkan permintaan, penilaian kinerja, dan sebagainya. Bagian Coach hanya bagian opsional yang dapat Anda gunakan untuk menentukan hubungan lain karyawan memiliki yang berharga untuk posisi.

Informasi pribadi karyawan
Tab Informasi Pribadi di layar karyawan berisi rincian pribadi individu yang berhubungan dengan departemen HRD, seperti alamat rumah, tanggal lahir, dan status kewarganegaraan.


Bagian Nationality memungkinkan anda untuk memilih dari daftar lengkap negara-negara yang datang dimuat di Odoo. Bagian Id lainnya dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi lain yang mungkin menjadi bagian dari catatan HRD karyawan seperti :

Citizenship & Other Info

No identification,
No Pasport,
No Rekening Bank

Status

Gender/Jenis Kelamin
Status karyawan

Contact Information

Alamat rumah

Kelahiran

Tanggal Lahir  (yang saya lihat untuk tahun tidak ada dari tahun 1990-an)

HR Settings

Leaves         : digunakan untuk mengisi data berupa jumlah hari untuk setiap karyawan yang diberikan
Contract       : digunakan untuk mengisi data berupa kontrak dengan karyawan.
Appraisals   : digunakan untuk mengisi data yang berhubungan dengan penilaian karyawan
Timesheets  : digunakan untuk mengisi data yang berhubungan dengan waktu dan kehadiran karyawan.

Jika Anda memutuskan untuk memasukkan alamat rumah untuk karyawan, Anda akan dibawa ke layar lain. Dekat bagian bawah formulir, Anda dapat menentukan jenis kelamin, status perkawinan, dan tanggal lahir untuk karyawan.

Di bawah HR Settings, satu-satunya bagian pada formulir setelah menginstal bagian Directory Karyawan, adalah bagian untuk menentukan apakah karyawan aktif. Jika Anda ingin membuat seorang karyawan tidak aktif, hanya hapus centang pada kotak centang Active. 

Contracts

Create Kontrak Sesuai data nama karyawan yang sudah kita data sebelumnya sesuai
dengan nama karyawan tersebut. 

Employee        : Nama Karyawan sesuai kontrak
Job Tittle          : Jabatan karyawan
Contract Type   : Employee atau sebagai Karyawan

Information
·      Wage : Jumlah Gaji karyawan Tersebut
·     Salary Structure : struktur gaji karyawan tersebut (Setting ini Configure setting pada hrd)
     Human Resource

·       Working schedule pay : pembayaran dilakukan dalam jangka waktu berapa

Timesheets

Odoo memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi HRD yang akan memungkinkan Anda untuk melacak waktu dan kehadiran karyawan. Timesheets adalah fitur yang paling berguna ketika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda untuk memperhitungkan jam kerja karyawan dan menetapkan jam ini untuk proyek atau pelanggan. Untuk menggunakan fitur ini, instal aplikasi Timesheets.

Setelah Anda menginstal aplikasi timesheets, menu HRD akan diperluas untuk mencakup bagian baru yang disebut Waktu Tracking. Hal ini dalam bagian ini bahwa anda akan mengelola dan memvalidasi timesheets.

Melihat Current Timesheet-mu

Kita bisa mulai dengan mengklik My Current Timesheet untuk menampilkan absen anda untuk minggu ini. Jika Anda login sebagai Administrator, Anda dapat memilih untuk melihat absen apapun. Dalam hal ini, kita melihat absen untuk Tina Robbins dan telah mengklik Tambah tombol Jalur untuk membuat baris baru pada absen.
*Dalam Odoo, Anda akan perlu untuk membuat account untuk melacak waktu dan kehadiran sebelum Anda mulai memasukkan jam ke absen Anda.


Pengantar untuk akuntansi analisis

Ketika Anda mulai pelacakan waktu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan bagaimana Anda ingin melaporkan bahwa waktu yang dihabiskan oleh karyawan dan apakah anda ingin mengikat kepada pelanggan tertentu. Di sinilah fitur akuntansi analisis di Odoo sangat berharga. Dalam modul accounting Konfigurasi Akuntansi Keuangan, anda akan belajar bagaimana untuk membuat sebuah grafik dasar
dari rekening. Analytic Akuntansi memungkinkan anda untuk melacak keuangan ke rekening alternatif untuk menganalisis biaya dan pendapatan dengan proyek, periode waktu, atau dengan operasi analitik yang ditetapkan pengguna lainnya.

Misalnya secara real, kita akan membuat account analitik untuk melacak waktu Produksi Art kami. Ketika Anda klik Add Line, Anda akan diminta untuk memilih akun.

*Akun analitis memungkinkan Anda untuk melacak biaya dan informasi keuangan lainnya secara terpisah atau dari perspektif yang berbeda dari akun standar Anda. Untuk bagian paling besar, adalah manajer dan direktur yang akan tertarik pada rekening analitis sebagai lawan
ke departemen keuangan yang akan difokuskan terutama pada account umum.

Setelah sedikit konfigurasi dalam menyiapkan rekening, Odoo bisa mengurus sisanya setelah kami memasuki jam ke timesheets.

Menambahkan akun analitik baru untuk Odoo

Untuk menambahkan akun, dapat menggunakan utility dari Odoo untuk menambahkan catatan dengan cepat dengan mengetikkan Art Produksi secara langsung dan kemudian memilih Membuat dan Edit ... dari menu drop-down kecil:

Odoo maka akan menampilkan form yang memungkinkan Anda untuk menentukan rincian untuk akun produksi:

Dalam screenshot sebelumnya, kami menetapkan Acoount/Contract name untuk Art Production.

Dengan account analitik, Anda memiliki kemampuan untuk mengikat account untuk pelanggan tertentu atau manajer akun. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan spesifik dengan biaya pekerjaan tertentu dan menjadi sangat tepat tentang bagaimana anda melacak penjualan dan biaya yang berkaitan dengan tugas-tugas dalam perusahaan Anda. Sebagai contoh, anda mungkin memiliki proyek internal untuk merenovasi ruang istirahat. Daripada memodifikasi grafik Anda account untuk melacak proyek satu kali, Anda dapat membuat account analitik dan menggunakannya untuk melacak biaya-biaya yang terkait. Seperti yang dapat Anda memilih akun pada absen, Anda dapat dengan mudah mengelola bagaimana waktu yang dilaporkan.

Jika Anda ingin melacak proyek oleh kontrak atau proyek ada Informasi Kontak
di bagian bawah formulir untuk mengasosiasikan dengan waktu yang dialokasikan ke rekening:

Odoo memiliki utilitas untuk menentukan awal dan akhir tanggal kontrak dan secara otomatis memberitahukan manajer account ketika saatnya untuk menghubungi pelanggan untuk memperbaharui. Absen Ratio Faktur memungkinkan anda menentukan berapa banyak faktur yang dibayar di depan dan berapa banyak dibayarkan selama masa sisa kontrak. Gunakan text area di bawah Syarat dan Ketentuan (Terms and Conditions) untuk menentukan rincian tentang persyaratan kontrak.

Konfigurasi karyawan untuk masuk timesheets

Ada satu langkah lagi yang perlu Anda ambil sebelum Anda dapat mulai timesheets masuk bagi karyawan. Ketika kita menginstal aplikasi timesheets, opsi tambahan yang ditambahkan ke bagian HRD dari bentuk karyawan. Seluruh bagian baru yang disebut Timesheets ditambahkan dengan kemampuan untuk memilih produk untuk mengasosiasikan dengan waktu karyawan, serta jurnal analitik yang menyelenggarakan timesheets.

*Jika Anda tidak menentukan jurnal analitik untuk karyawan, Anda tidak akan dapat membuat absen dan mengirimkannya ke manajer untuk persetujuan.

Pelacakan jam karyawan dengan timesheets

Setelah Anda membuat account, anda dapat memasukkan jumlah jam ke absen. Untuk persyaratan absen lebih kompleks, anda dapat membuat account tambahan dan kemudian menambahkan banyak baris yang Anda butuhkan untuk benar account untuk semua jam kerja.

Berikut adalah absen setelah seminggu telah diisi untuk Tina Robbins:

Anda dapat memasukkan rincian tambahan pada pekerjaan yang dilakukan dengan mengklik tab Rincian/Detail:

Selain menentukan deskripsi atau mengubah akun analitik waktu perlu dikaitkan dengan; Anda juga dapat menentukan berapa persen dari waktu pada Timesheet dapat ditagih. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola faktur di mana waktu dilakukan oleh karyawan, merupakan bagian dari kontrak.

Setelah jumlah jam yang dimasukkan, absen dapat disampaikan kepada manajer dengan mengklik tombol Kirim ke manajer di sudut kiri atas.

Validasi timesheets

Setelah absen telah diserahkan kepada manajer, absen akan muncul di bawah timesheets untuk Validasi bagian untuk manajer bahwa ketika mereka login ke Odoo:



Untuk memvalidasi absen, cukup klik pada absen Anda ingin memvalidasi, dan klik pada tombol Setujui. Jika Anda ingin menolak absen, klik pada tombol Sampah sebagai gantinya.


Manajemen Leaves (Manajement Cuti)

Selain mengelola dan menyetujui timesheets harian, juga memungkinkan untuk menginstal aplikasi Odoo HRD yang akan mengelola liburan, cuti, dan informasi lain yang terkait dengan waktu karyawan off. Kita install Cuti Manajemen dalam cara yang sama seperti aplikasi Odoo lainnya.

Setelah Anda menginstal aplikasi Cuti Manajemen, Anda akan memiliki bagian baru yang ditambahkan di bawah menu HRD; bagian Cuti. Tujuan utama dari aplikasi Cuti Manajemen ini adalah untuk memberikan mekanisme yang mudah bagi karyawan untuk meminta cuti dan manajer mereka untuk menyetujui atau menolak permintaan tersebut.

Membuat permintaan cuti

Ketika Anda klik pada pilihan Permintaan Cuti menu, Anda akan dibawa ke kalender yang akan menunjukkan permintaan cuti Anda saat ini. Tentu, jika tidak ada permintaan cuti sebelum dibuat, atau tidak ada satu pun untuk bulan ini, maka kalender kosong.

Klik pada hari dalam kalender untuk memberitahu Odoo untuk menjadwalkan permintaan cuti yang dimulai pada hari itu.





Dalam contoh ini, kami meminta waktu pribadi untuk jangka waktu tiga hari. Sedangkan pada contoh ke-2 terdapat aina sebagai employee yang mengajukan cuti dengan deskripsi cuti hamil.

Jenis-jenis cuti

Sebagai contoh, kami telah memilih hari kompensasi meninggalkan jenis. Ini berarti bahwa karyawan mengambil cuti ini dengan membayar. jenis cuti alternatif dapat dikelola untuk tujuan pelaporan.
Seperti cuti hamil, cuti tahunan, cuti sakit, cuti alasan penting pribadi, cuti besar dan lain-lain.

Durasi

Ketika Anda ubah field Durasi menggunakan bagian rentang tanggal, Odoo akan otomatis menghitung banyaknya hari yang diambil untuk cuti.

Mode

Field Mode layak penjelasan khusus dan secara dramatis mengubah cara di mana permintaan cuti ini disampaikan. Sebagai contoh kami, kita mengirimkan permintaan cuti untuk karyawan tunggal. Dengan menggunakan modus tag oleh Karyawan/by Employee, anda dapat mengirimkan permintaan cuti yang cocok dengan semua karyawan yang berbagi tag karyawan yang sama. Hal ini dapat berguna jika Anda perlu untuk menjadwalkan cuti untuk seluruh set karyawan.

Karyawan/Employee

Kolom ini memungkinkan anda mengatur karyawan yang meminta cuti.

Departemen

Kolom ini memungkinkan anda mengatur departemen dari pemohon yang meminta cuti. Saat kolom karyawan diisi maka secara otomatis kolom departemen akan terisi dengan data departemen si karyawan

Mengirimkan untuk persetujuan

Ketika meminta cuti, klik pada tombol Save adalah semua yang diperlukan untuk menyimpan informasi dan mengirimkannya ke manajer ditugaskan dari karyawan untuk persetujuan.

Leaves Request to Approve/Menyetujui permintaan cuti

Dengan mengklik Leaves Request to Approve anda akan tampil list permintaan cuti yang ingin di approve. Klik salah satu daftar dari list, kemdian anda dapat memilih tombol approve untuk menyetujui maupun refuse (cuti ditolak), kemudian setelah di approve anda bisa memvalidasi dg tombol validasi


Dari gambar ke-2 terlihat perbedaan antara permintaan cuti yang telah disetujui dan divalidasi dan yag belum.
Jika permintaan cuti sudah disetujui maka ia berwarna coklat dan yang belum disetujui berwarana merah.

Daftar Cuti/ Leaves Summary

Untuk melihat semua cuti yang telah disetujui, klik pada Leaves Summary pilihan di bawah bagian Cuti:

Secara default, laporannya terkelompok dalam tipe cuti. Menggunakan pengelompokan dan penyaringan pilihan dari Odoo, anda dapat mengkonfigurasi daftar cuti untuk menampilkan informasi pada cuti yang anda butuhkan.

Recruitment

Banyak departemen HRD dapat menghabiskan banyak waktu mengelola proses perekrutan. Odoo menyediakan sebuah aplikasi yang dapat membantu mengatur informasi dan membuatnya lebih mudah untuk menyimpan melacak komunikasi yang diperlukan saat mempekerjakan karyawan baru.
Menginstal aplikasi Proses Rekrutmen, karena Anda telah menginstal lainnya
aplikasi Odoo:

Setelah aplikasi Proses Rekrutmen telah terinstal, Odoo akan menambahkan bagian tambahan ke bagian HRD, serta pilihan baru di bawah menu Konfigurasi di bagian bawah.

Mendefinisikan tahap perekrutan
Aplikasi Odoo Rekrutmen merupakan aplikasi Proses menyelenggarakan proses perekrutan secara bertahap. Ini adalah dalam banyak cara yang sama bahwa kesempatan dalam aplikasi CRM diselenggarakan secara bertahap. Tujuannya, tentu saja untuk menemukan lead karyawan baru dan kemudian mengubahnya menjadi karyawan perusahaan. Untuk melihat tahapan yang Odoo set up secara default, pergi ke bagian Konfigurasi di bawah HRD dan memilih Tahapan/Stages.


Stages dapat dibuat, diedit, dan dihapus seperti catatan lain di Odoo. Odoo juga memungkinkan anda untuk menentukan bahwa beberapa tahap spesifik untuk departemen tertentu. Mari kita menerapkan ini dalam contoh praktis. Dalam perusahaan kami, kami akan mengatakan bahwa wawancara kedua hanya diperlukan untuk departemen penjualan.
Mari kita mulai dengan menambahkan sebuah departemen baru bernama Penjualan dan membatasi Wawancara Kedua / Second Interview tahap ke departemen Penjualan.

Berikut adalah tahap yang dihasilkan setelah perubahan sebelumnya:

Merekrut untuk pekerjaan baru

Tina Robbins telah sangat sibuk dalam posisinya sebagai Manajer Produksi. Telah diputuskan bahwa ada kebutuhan untuk mempekerjakan Asisten Produksi untuk membantu dia dalam tugasnya. Dengan aplikasi perekrutan baru dipasang, kita sekarang dapat membuat posisi pekerjaan baru dan memulai proses perekrutan.

Klik pada Posisi Pekerjaan di bawah HRD bagian konfigurasi, dan klik
pada tombol Create:
Di sini, kita telah mengisi rincian untuk Asisten Produksi kami yang telah ditetapkan posisi, ke departemen produksi.

Kita sekarang dapat klik pada Launch Rekrutmen untuk mulai merekrut untuk posisi ini. Ini pada dasarnya bendera proses perekrutan sebagai aktif dan membuatnya lebih mudah untuk menentukan posisi Anda saat ini mempekerjakan untuk.

Ketika kita kembali dan melihat bagian Posisi Pekerjaan di Odoo, kita akan menemukan bahwa pandangan Kanban sekarang menampilkan rincian tentang posisi pekerjaan yang kita buat, bersama dengan kemajuan cepat yang menunjukkan kemajuan kita terhadap mempekerjakan total lima karyawan.


Cetak Wawancara hyperlink
Cetak Wawancara hyperlink pada tampilan Kanban memungkinkan Anda untuk memilih file survei pekerjaan PDF untuk men-download. Secara default, survei berisi pertanyaan-pertanyaan umum yang biasanya anda meminta seorang karyawan di sebuah wawancara kerja.
Survei ini kemudian dapat dicetak dan e-mail atau disampaikan kepada calon karyawan untuk mengisi sebelum wawancara. Aplikasi survei memberikan bentuk yang cukup kuat yang dapat anda gunakan untuk merancang survei anda sendiri.
Anda dapat mengedit bentuk perekrutan dengan membuka aplikasi pekerjaan untuk asisten produksi dan mengklik ikon di sebelah kanan, di sebelah Form Rekrutmen.
Setelah Anda klik pada icon, editor survei muncul. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengubah bentuk wawancara untuk apa yang Anda inginkan.

*Pada saat penulisan ini, terminologi yang digunakan dalam Formulir Rekrutmen, Wawancara Formulir, dan Survey Job sedikit membingungkan. Meskipun label mereka berbeda dalam sistem, mereka semua mengacu pada dokumen survei yang sama di Odoo.
Survei dapat diselenggarakan di sekitar fungsi pekerjaan dan dapat berharga untuk penyaringan karyawan sebelum wawancara formal.

Membuat sebuah aplikasi kerja

Ketika karyawan yang potensial mengirimkan dalam aplikasi, resume, atau pemicu lain yang memungkinka
n anda untuk mendokumentasikan minat mereka untuk bekerja dalam perusahaan A\anda, anda membuat aplikasi perekrutan.
Di bawah Rekrutmen | bagian aplikasi, klik Create untuk membuat aplikasi baru:
Bentuk ini memiliki banyak bagian yang akan berpotensi diisi. Secara default, bagian yang diperlukan untuk aplikasi adalah subjek. Sisa informasi yang lain dapat dikumpulkan sepanjang proses perekrutan dan wawancara.

Sebagian besar bagian ini yang cukup jelas. Perhatikan bahwa di bagian kanan atas, Anda dapat melihat progres karyawan ini melalui berbagai tahap.

Merekrut karyawan

Untungnya, aplikasi Odoo Rekrutmen akan me-link ke membuat karyawan untuk kita hanya dengan mengklik Buat Karyawan/ Create Employee di sebelah Application name’s.
Melihat daftar karyawan, kita sekarang dapat melihat bahwa Bob Nelson adalah seorang karyawan di
departemen produksi dengan Asisten produksi judul:

Penggajian
Untuk pengaturan penggajian karyawan diperlukan setting terlebih dahulu yakni setting configurasi pada Stucture Salary dan Salary Rule seperti pada menu dibawah ini

Berikut ini merupakan daftar pada Salary Structure yang pernah dibuat
Klik Create untuk membuat Salary Structure baru

Isikan
Name : untuk  Salary Strucutre yang di tujukan ke suatu department
Parent : induk dari department yang di tuju
Reference : untuk menuju ke sumber

Dibawahnya terdapat data Salary Rules
Add item : digunakan untuk menambahkan item gaji spt (Gaji Pokok, Uang Transport, dll)
Dari gambar diatas sudah item/komponen berupa (Basic,Net,dan Gross) untuk membuat komponen gaji anda tinggal klk tombol Create.
Keterangan:
Field Name                  : diisi dengan nama komponen gaji yaitu Uang Makan.
Field Category        : pilih jenis komponen gaji apakah tunjangan (Allowance) atau
potongan (Deduction)
Field Code              : diisi dengan kode misalnya UM.
Field Sequence       : diisi dengan nomor urut munculnya di slip gaji.
Field Active            : centang agar dianggap masih aktif.
Appears on Payslip: centang agar ditampilkan di slip gaji.
Tab General
Condition: Condition Based on: pilih Always True, agar Field komponen ini selalu dihitung dan ditampilkan di slip gaji.
Computation
Amount Type : untuk memilih Type dari amount, supaya nilainya Field berupa nilai tetap, misalnya 200,000 per bulan.
Quantity        : isi dengan jumlah satuan dare amount type yang isi dengan nilai tetap yang dimaksud.


Sekian Tugas UTS kali ini semoga bermanfaat, bila ada kesalahan mohon dimaklumi karena semua manusia tak luput dari kesalahan

wassalamualaikum warrahmatullahi wabaraakatuhh

Nama : Roni Sudrajat
Nim   : 1314018
Kelas : SA01

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About