Modul Purchase

UTS 2A Modul Purchase

Hai pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Modul Purchase pada PT. Kita dengan menggunakan Odoo vesri 8.
PT. Kita merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan, antara lain jasa pengadaan komputer, laptop, dan PC.
Departemen Purchasing
Puchasing merupakan salah satu fungsi yang sangat penting dalam Manajemen Material. Selain dilibatkan dalam pembelian material untuk kegunaan produksi, Purchasing juga bertugas dalam pencarian dan pembelian mesin-mesin produksi, peralatan dan perlengkapan produksi berserta fasilitas-fasilitas lainnya yang mendukung kelancaran proses produksi.
Sasaran utama Purchasing adalah untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan material dan juga mengurangi biaya-biaya terkaitnya sehingga biaya pembuatan barang jadi dan ditekan seminimal mungkin.
Yang pertama kali harus dilakukan oleh Departemen Purchasing adalah melakukan penentuan untuk permintaan (Requests for Quotiation) dari barang yang ingin dipesan.
Pada bagian Requests for Quotation, klik Add an item, lalu pilih Create and Edit untuk memasukkan data barang yang ingin dipesan. Setelah memasukkan data barang yang ingin dipesan, klik Send RFQ by Email, lalu masukkan alamat email dari supplier PT. Kita.
Setelah melakukan penentuan untuk permintaan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemesanan atau dalam dunia industri biasanya disebut dengan “Purchase Order” atau “PO”. Purchase Order pada dasarnya adalah sebuah dokumen yang dikirimkan ke pemasok untuk memasok barang atau jasa yang dibutuhkan.


Setelah selesai mengirim Purchase Order, maka kita hanya tinggal menunggu validasi dari Accounting dari perusahaan pemasok.

Sekian dari saya mengenai pembahsan tentang Modul Purchase pada PT. Kita dengan menggunakan Odoo vesri 8. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About