#stmisii1-Modul Khusus(MRP)-UTS-2B



Halo setelah lama tidak posting saya kembali lagi, kali ini saya akan posting untuk UTS take home saya dan saya akan mejelaskan tentang modul mrp pada odoo 8.0
PT. KITA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Antara lain: jasa pengadaan komputer, laptop dan PC. di dalam PT KITA terdapat divisi manufaktur yang bertugas membuat komputer di dalam menjalankan roda kegiatan divisi manufaktur PT KITA menggunakan odoo, berikut saya akan mejelaskan bagaimana cara divisi manufaktur PT KITA menjalankan kegiatannya.
Pertama yang harus dilakukan sebagai divisi manufaktur yaitu membuat bill of material (BOM), BOM merupakan struktur komponen yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk. untuk membuat BOM di odoo yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut buka menu manufaktur dapat dengan memilih tab product lalu klik produk yang akan dibuat BOM atau klik tab Bill of Material lalu pilih create contoh dibawah saya membuat BOM dari cpu compaq.
setelah item BOM dibuat lalu klik tombol save untuk menyimpan BOM dari CPI compaq, berikut list produk PT KITA yang telah dibuat BOM-nya
setelah membuat BOM tugas dari bagian manufaktur adalah merencanakan produksi sesuai dengan permintaan costumer, untuk merencanakan produksi di odoo, kita dapat membuka tab manufacturing order yang berada di sebelah kiri layar, lalu klik create untuk membuat manufacturing order baru berikut contoh PT KITA yang membuat manufacturing order MO00006 untuk membuat printer canon
setelah manufacturing order dibuat petugas manufaktur harus melakukan pengecekan untuk raw material apakah sudah tersedia atau belu maka dari itu pada gambar diatas status manufacturing order adalah awaiting raw material, jika material sudah tersedia maka selanjutnya klik tombol check availibility dan produk siap untuk di produksi


setelah produk selesai di produksi selanjutnya yaitu klik tombol produce untuk menandakan bahwa produk telah selesai di produksi,berikut gambar setelah proses produksi selesai.
setelah BOM diisi lengkap lalu save berikut list produk yang telah dibuatkan BOM-nya
berikut list manufacturing order yang telah di produksi, sedang di produksi dan yang menunggu raw material

dan berikut merupakan jadwal manufakturing PT KITA
Berikut proses bisnis manufaktur PT KITA

sekian penjelasan mengenai modul mrp pada odoo 8.0 yang bisa saya jelasakan, jika terdapat kesalahan mohon dimaafkan dan saya terima kritik dan sara teman - teman sekalian terimakasih
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About